Friday, March 4, 2011

Zaman Serba Internet

Sepuluh tahun yang lalu, atau sekitar awal tahun 2000-an, internet masih sangat asing di telinga kita. Hanya beberapa orang tertentu yang mengetahui dan bisa mengakses fasilitas tersebut. Mereka yang bisa mengakses internet kebanyakan tinggal di kota-kota besar. Tetapi seiring perkembangan jaman, hal tersebut mulai mengalami perubahan.Internet mulai dikenal di seluruh kalangan masyarakat, baik itu orang-orang di kampung maupun di kota, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa, semuanya menggunakan fasilitas internet. Saat ini internet seakan-akan sudah menjadi kebutuhan dasar/primer disamping kebutuhan yang lainnya seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal.
Pengalaman pribadi saya, ketika pertama kali menggunakan internet pada tahun 2003. Saat itu untuk mengakses internet saja, saya harus menempuh jarak 5 kilometer untuk sampai di sebuah warung internet (warnet). Dengan biaya yang relatif mahal yakni Rp 3500 per jam, serta dengan kecepatan koneksi yang terbilang lambat. Namun apabila dibandingkan dengan saat ini, rasanya sangat jauh sekali. Perkembangan internet begitu cepat sekali. Saat ini untuk menggunakan internet tidak usah jauh-jauh, cukup dengan handphone, komputer, atau laptop yang tersambung dengan jaringan internet. Selain itu juga tersedia kecepatan akses yang amat cepat (hal ini tergantung dengan provider dan paket yang kita gunakan).
Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, saya merasa sangat terbantu dengan adanya fasilitas internet. Pertama, Sebagai seorang mahasiswa, saya menggunakan fasilitas internet, selain untuk membayar biaya kuliah juga untuk mencari referensi bahan pelajaran yang sedang saya pelajari. Kedua, untuk mencari informasi berita terkini dan menjalin komunikasi dengan saudara atau teman-teman lama, baik itu melalui e-mail, social network (facebook, twitter, friendster) dan lain sebagainya. Ketiga, untuk mencari pekerjaan yang bersifat freelance. Keempat, untuk mencari hal-hal yang bersifat ringan seperti bagaimana cara memasang dasi yang benar. Saya bisa mencarinya melalui video yang ada di youtube.com.
Di zaman modern seperti ini, kita tidak bisa lepas dari apa yang namanya internet. Internet sangat membantu dalam menyelesaikan segala aktifitas yang kita lakukan sehari-hari. Dengan adanya internet, pekerjaan yang sulit akan menjadi mudah. Dengan kata lain bahwa internet merupakan suatu hal yang sangat penting sekali.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Ads 468x60px

Featured Posts

Social Icons